Obat Herbal Obat Asam Urat

Rabu, 06 Maret 2019 | Manfaat Habbatussauda
Obat Herbal Obat Asam Urat

Obat Herbal Bantu Atasi Penyakit Asam Urat

Syifa Herbal Alami - Obat herbal asam urat bisa jadi pilihan bagi Anda yang setiap hari berjuang melawan nyeri sendi. Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah.
Kondisi ini sangat menyakitkan karena terlalu banyak kadar purin di dalam tubuh. Purin adalah protein yang ada diproduksi di dalam tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan.

Obat herbal yang membantu menyembuhkan Asam urat

1. Habbatussauda

Habbatussauda memiliki sifat Anti-infalamasi yang memberikan efek analgesik (antinyeri) dan antipiretik (penurun panas), Serta Anti-oksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Beberapa penelitian pun sudah di lakukan di antaranya:
Sebuah penelitian berjudul “Potensi Daun Salam (Syzigium polyanthum Walp) dan Biji Jinten Hitam (Nigella sativa Linn) sebagai kandidat Obat Herbal Terstandar Asam Urat” dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dimuat di Jurnal Pharmacon, Volume 13 Nomor 1, Juli 2012, mengungkapkan satu hasil riset yang menunjukkan bahwa habbatussauda dikombinasikan dengan daun salam memiliki kemampuan menurunkan kadar asam urat yang sangat signifikan pada binatang percobaan. Dilaporkan dalam penelitian tersebut, penurunan kadar asam uratnya sebesar 79,35%, 61,29% dan 71,90%.
Penelitian lainnya menguji khasiat biji habbatussauda saja dalam perannya menurunkan kadar asam urat. Satu riset berjudul “Uji Aktifitas Anti Hiperurisemia Ekstrak n-Heksana, Etil Asetat dan Etanol 70% Biji Jintan Hitam (Nigella sativa) terhadap Mencit Hiperurisemia”, dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Jember, dan dimuat di e-Jurnal Pustaka Kesehatan Volume 2 Nomor 1, Januari 2014 menyimpulkan bahwa Ekstrak n-heksana, etil asetat, dan etanol 70% biji jinten hitam dapat menurunkan kadar asam urat. Ekstrak etil asetat biji jinten hitam dosis 200 mg/kg BB menunjukkan aktivitas anti hiperurisemia tertinggi (56,12 ± 19,49 %) dibanding ekstrak n-heksana (25,84 ± 8,91 %) dan etanol 70% (37,24 ± 7,78 %). Ini merupakan upaya pembuktian untuk menunjukkan kemampuan habbatussauda menurunkan kadar asam urat darah.

2. Jahe

Jahe adalah jenis rimpang yag paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat asam urat. Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai anti peradangan yang sangat efektif digunakan untuk mengurangi gejala penderita asam urat.
Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol.

3. Buah Ceri

Buah ceri sangat baik untuk yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi karena kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Pada keadaan normal, asam urat yang berlebihan ini akan dikeluarkan melalui urin dan tinja. Namun proses pengeluaran asam urat tersebut tidak terjadi pada penderita asam urat.
Buah ceri mengandung berbagai jenis antioksidan yang mampu mencegah produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Manfaat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan jarang dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi buah ceri. Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah.

4. Kumis kucing

Kumis kucing mengandung orthosifonin glycosides dan diuretik yang akan merangsang output urine urin melalui urine. Ini juga mengandung zat yang mencegah infeksi dan infeksi saluran kemih. Untuk menyembuhkan asam urat, rutinkan meminum daun rebus dari kumis kucing.

5. Teh hijau

Tanaman teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan lemak dan kolesterol, tapi juga obat asam urat. Zat penting dalam teh hijau antara lain epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, vitamin C efektif dalam mencegah akumulasi asam urat dan sebagai peradangan sendi anti-inflamasi dan preventif. Anda bisa membuat teh hijau sebagai minuman untuk menyembuhkan kelenjar dan mengurangi berat badan.
Itulah beberapa obat herbal yang dapat membantu menyembuhkan asam urat dan bisa bermanfaat untuk kesehatan lainnya.
asam urat, obat asam urat, obat herbal, syifa herbal alami, habbatussauda, habbasyifa, habbatussauda habbasyifa, kesehatan,

  • Cara Mencegah Varises

    Cara Mencegah Varises

    Varises adalah pembuluh darah vena yang membengkak dan tampak dekat dari permukaan kulit. Pembuluh vena membawa darah dengan rendah oksigen dari sel dan jaringan kembali ke jantung, di mana darah…

  • Mnengobati DBD Hanya dengan Memperbanyak Cairan

    Mnengobati DBD Hanya dengan Memperbanyak Cairan

    Banyak surat kabar yang beredar di masyarakat jika diberi jus demam berdarah merah muda atau beras merah. Tapi sebenarnya tidak ada obat untuk demam berdarah, tetapi hanya mengandalkan banyak cairan.…

  • Penyembuhan Bells Palsy Secara Ampuh

    Penyembuhan Bells Palsy Secara Ampuh

    Gejala paling nyata wajah terlihat miring. Ketika senyum setengah wajah penderita Bell's Palsy tetap diam (tidak bisa tersenyum lebar). Penyakit ini menyerang usia muda hingga tua.

  • Siasati Gaji Kecil Untuk Hobi Traveling

    Siasati Gaji Kecil Untuk Hobi Traveling

    Berapa kali kamu mengambil cuti untuk liburan sepanjang tahun ini? Jika jawabannya, “tak banyak” atau bahkan mungkin “belum pernah”, maka ini merupakan saat yang tepat. Setelah kurang lebih satu tahun…

  • Resep Sirup Madu Untuk Redakan Batuk Pada Si Kecil

    Resep Sirup Madu Untuk Redakan Batuk Pada Si Kecil

    Bahkan, sebagian besar sirup obat batuk sarat dengan obat penenang, membuat anak-anak mengantuk. Selain itu, sirup ini juga tidak mengobati akar penyebab masalah, yaitu menghilangkan lendir.